Published On:Sunday, July 21, 2013
Posted by Naufal Khalish

Kelapa Bakar, Takjil Istimewa dari Meulaboh

INFO KEU RAKAN | Aceh Barat – Kelapa Bakar menjadi menu istimewa selama bulan puasa bagi masyarakat Kota Meulaboh dan sekitarnya. Istimewanya, Kelapa Bakar hanya ada selama bulan Ramadhan saja, Minggu (21/07/2013).

Selama bulan Ramadhan, penjual Kelapa Muda banyak dijumpai di semua daerah di Aceh, namun Kelapa Bakar untuk menu berbuka puasa hanya akan anda jumpai di ‘Bumi Teuku Umar’.

Kelapa Bakar tersebut tergolong unik, selain hanya ada di bulan Ramadhan saja,  pembuatannya juga melalui proses pembakaran. “Kelapa Bakar ini menjadi menu favorit keluarga saya, makin nikmat disajikan dengan sirup merah. Selain itu juga berkhasiat menyegarkan badan,” ucap Daniel, seorang pembeli.

Parni seorang penjual Kelapa Bakar di jalan Manek Roo Kota Melaboh mengungkapkan kelapa yang dijualnya ini berasal dari kampungnya di Desa Penaga. Selama Ramadhan banyak warga disana mengolah Kelapa Bakar untuk dijual.

Dua buah Kelapa Bakar dalam satu ikat tersebut dengan harga Rp 10.000 rupiah/ikat. Rata-rata ia mampu menjual 15 ikat Kelapa Bakar setiap harinya dan pada saat-saat tertentu kelapa tersebut pun habis terjual.

Parni juga menjelaskan proses pengolahan Kelapa Bakar ini pun cukup sederhana.  ”Kelapa yang setengah tua atau mengkal dimasukan ke lubang tanah yang sudah ditumpuk bahan bakar, kemudian kelapa tersebut ditutup lagi dengan sabut kelapa,” kata Parni.

Proses pembakaran tersebut lanjut Partni memakan waktu sampai 30 menit sampai kulitnya terbakar hitam kemudian baru diangkat untuk dikupas kulitnya.

Pengelupasan kulit ini pun menggunakan  air laut yang  di siram ke sabut kelapa yang sudah dibakar. “Harus dikupas dengan tangan, agar warnanya menjadi pink, jika tidak warna kelapa menjadi merah tua,” pungkasnya.

Selamat datang di Portal Berita Online INFO ATJEH | Untuk Pemasangan iklan , pariwara atau kerja sama, silahkan hubungi di Hotline 085263462710 atau di email infokeurakan15@gmail.com | Terima Kasih